Cloud Computing

Apakah itu?

Cloud Computing adalah istilah ketika kita mengakses layanan komputasi seperti Server, Storage (penyimpanan), Networking (jaringan) dan Software melalui Internet (Cloud) dari sebuah penyedia layanan.

Sederhananya adalah; kalau biasanya kita menyimpan dokumen dan foto pribadi di harddisk Komputer, tapi sekarang orang lebih suka menyimpannya secara “online” di google drive,fb, ig dan lain-lain. Dan itulah Cloud Computing.

Dulu, kita simpan dokumen dan foto di harddisk Komputer, tapi sekarang, kita menyimpannya di tempat penyimpanan yang dikelola oleh penyedia layanan penyimpanan. Dan untuk mengaksesnya harus melalui Internet. Ini adalah contoh yang paling sederhana.

Sebelumnya, jika kita ingin membuat website, sebuah perusahaan (atau perorangan) akan membeli sebuah komputer server kemudian kita install software sehingga dapat diakses menggunakan web browser. Tapi sekarang, perusahaan (atau perorangan) lebih suka untuk menggunakan server yang dikelola oleh penyedia layanan hosting dan domain selanjutnya kita cukup mengatur dan mengaksesnya melalui Internet (contoh : Cpanel dan webadmin). Nah, ini contoh yang sedikit lebih komplek.

Tapi ternyata, Cloud Computing tidak hanya itu. Seiring dengan perkembangan teknologi, Cloud Computing kini telah membesar dan meluas.

Penyedia Layanan Cloud Computing

Berikut ini beberapa perusahaan Penyedia Layanan Cloud Computing berdasarkan Market Share (besar pasar):

  1. Amazon Web Services (AWS)
  2. Microsoft Azure
  3. Google Cloud Platform
  4. IBM Cloud
  5. Oracle Cloud
  6. Alibaba Cloud

Dan masih banyak penyedia layanan Cloud lainnya seperti:
VMware, Cisco, SalesForce, SAP, Workday, Digital Ocean, Linode, RackSpace, MassiveGrid, Kamatera, LiquidWeb, Verizon Cloud, Navisite, OpenNebula, Pivotal, CloudSigma, Dell Cloud, LimeStone, Quadranet, DropBox, GoToMeeting, OpenShift, Heroku, Force.com, Apache Stratos, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Original Coffee

Arsip